-

Bersatu dalam Berkah: Zakat Fitrah Membuka Pintu Kebaikan

وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ ۚ وَمَا تُقَدِّمُوا لِأَنْفُسِكُمْ مِنْ خَيْرٍ تَجِدُوهُ عِنْدَ اللَّهِ ۗ إِنَّ اللَّهَ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ

“ Dan dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. Dan kebaikan apa saja yang kamu usahakan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahala nya pada sisi Allah. Sesungguhnya Allah Maha Melihat apa-apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Baqoroh Ayat 110)
Zakat fitrah menjadi amalan yang membersamai bulan Ramadhan. Amalan ini menjadi penyempurna ibadah puasa sekaligus penyuci dosa-dosa yang tak sengaja dilakukan seorang hamba. Salah satu golongan yang berhak menerima zakat ialah anak yatim miskin dan dhuafa.

كَافِلُ الْيَتِيمِ لَهُ أَوْ لِغَيْرِهِ أَنَا وَهُوَ كَهَاتَيْنِ فِي الْجَنَّةِ وَأَشَارَ مَالِكٌ بِالسَّبَّابَةِ وَالْوُسْطَى

“ Orang yang menanggung (mengasuh) anak yatim miliknya atau milik orang lain, aku dan dia seperti dua jari ini di surga.” Malik (perowi hadits) mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah.” (HR. Muslim)

Zakat fitrah yatim hadir sebagai program yang menerima dan menyalurkan zakat pada anak yatim dhuafa yang membutuhkan. InshaAllah berzakat kepada anak yatim akan menghadirkan pahala yang berlipat ganda karena besarnya perhatian Islam pada anak yang kehilangan figur ayah mereka.

Zakat Fitrah bersama Alfatihah, beras akan disalurkan kepada :

-

Ratusan Anak Yatim
-

Dhuafa yang membutuhkan
-

Santri-santri Penghafal Quran

Yuk tunaikan Zakat Fitrah bersama Alfatihah

Keutamaan Membayar Zakat Fitrah Yatim Dhuafa

Menyucikan harta: Tiap harta yang kita peroleh terdapat hak orang lain yang harus dikeluarkan agar harta menjadi lebih bersih.
Menambah keberkahan: Ketika seorang Muslim mengeluarkan harta untuk zakat, terlebih lagi diberikan untuk anak yatim dan dhuafa, maka Allah akan mempercayakan harta lain untuk dikelolanya.
Menyempurnakan rukun Islam: Dengan menunaikan zakat fitrah untuk anak yatim dan dhuafa, seseorang telah menyempurnakan salah satu dari rukun Islam.
Membantu yang membutuhkan: Zakat yang diberikan sangat berguna bagi anak yatim dan dhuafa yang hidupnya kekurangan.
Mendapat pahala santunan yatim dhuafa: Zakat fitrah kepada anak yatim dan dhuafa selain mendapat pahala zakat juga mendapatkan pahala santunan karena posisi anak yatim dan dhuafa yang istimewa dalam islam.

Berapa Besaran Zakat Fitrah Yang Harus Ditunaikan ?

Zakat fitrah dibayarkan dalam bentuk beras atau makanan pokok seberat 2,5 kg atau 3,5 liter per jiwa. jika berhalangan membayar dalam bentuk beras atau makanan pokok lainnya, zakat fitrah juga bisa ditunaikan dalam bentuk uang.

Tata Cara Membayar Zakat Fitrah

Tata cara membayar zakat fitrah dimulai dari niat lantas memilih waktu paling baik untuk membayar. Setelah menemukan waktu terbaik sesuai syariat Islam, seorang muslim bisa memberi zakat dalam bentuk beras beras atau makanan pokok seberat 2,5 kg atau 3,5 liter per jiwa. Adapun beras dan makanan pokok bisa ditunaikan dalam bentuk uang menyesuaikan harga beras yang dikonsumsi.Para ulama, diantaranya Shaikh Yusuf Qardawi telah membolehkan zakat fitrah.
-

Kenapa Zakat Fitrah di Alfatihah?

Yayasan Alfatihah telah berdiri sejak 2016 dan Insya Allah akan terus berkembang serta bermanfaat untuk Umat
Bergabung dengan 39.000 lebih orang baik lainnya
Nama Muzakki serta tanggal zakat akan di tulis di beras yang dizakatkan kemudian akan difotokan satu persatu dan akan dikirimkan kepada muzakki bahwa beras sudah siap didistribusikan
Insya Allah pahala berlipat ganda karena Zakat Fitrah di salurkan untuk anak yatim , santri penghafal quran, dan dhuafa yang membutuhkan
Mendapatkan dokumentasi distribusi beras zakat fitrah
Mengasuh 700 lebih anak yatim yang sudah terverifikasi kematian ayahnya
Alfatihah telah mendidik ribuan Hafidz Quran
Telah melahirkan 92 Hafidz Qur'an dari Program Beasiswa Karantina Quran
Donatur Alfatihah dapat bersilahturahmi ke Yayasan Alfatihah dan dapat bertemu langsung dengan pengurus yayasan
Dapat mengikuti kajian khusus untuk Donatur Alfatihah

Kegiatan Pendistibusian Zakat Setiap Tahun di Alfatihah

"Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mewajibkan zakat fitrah, sebagai pembersih bagi orang yang puasa dari segala perbuatan sia-sia, dan ucapan tidak baik, dan sebagai makanan bagi orang miskin. Siapa yang menunaikannya sebelum shalat hari raya maka zakatnya diterima, dan siapa yang menunaikannya setelah shalat hari raya maka termasuk sedekah biasa" (HR Abu Daud).
-
-
-
-
-
-
-
-
-

Sempurnakan Ibadah Puasa, Tunaikan Zakat Fitrah Untuk Sesama Dengan Menyisihkan Sebagian Harta Kita Untuk Turut Meringankan Beban Anak Yatim Dhuafa

Jangan Tunda Berbuat Kebaikan! Tunaikan Zakat Fitrah Sebelum Perginya Bulan Mulia
Tentang Kami
Rumah Tahfidz Al-Fatihah merupakan lembaga professional yang bergerak di pendidikan, sosial, dan keagamaan. Berdiri semenjak tahun 2017
Alamat
csrumahtahfidz@gmail.com
Jl. Ngablak Indah II No.24a, Bangetayu Kulon, Kec. Genuk, Kota Semarang, Jawa Tengah 50115
Legalitas
Keputusan Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor AHU-0009981.AH.01.07 Tahun 2017

NPWP: 82.204.833.6-503.000
Disclaimer
This site is not a part of the Facebook website or Facebook INC. Additionally, this site is NOT endorsed by Facebook in ANY WAY. FACEBOOK is trademark of Facebook INC.
-
@2024 ALFATIHAH.ID Inc.